Sabtu, 17 Maret 2012

Keadaan Alam MALAYSIA


Keadaan Alam Malaysia
  Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi, luas wilayah sedemikian sebanding dengan luas wilayah Norwegia dan Vietnam, atau New Mexico. Di sebelah utara berbatasan dengan. Laut Cina Selatan dan Thailand, di sebelah barat dengan Selat Malaka, di sebelah timur dengan Indonesia dan Laut Sulu, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia


  Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur.Kuala Lumpur ibukota resmi dan kota terbesar di Malaysia. Yang dimaksud wilayah bagian barat adalah Semenanjung Malaya yang terdiri atas sebelas negara bagian, yakni  : Kedah, Perak, Selangor,  Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, Trenggano dan Yang dimaksud wilayah timur ialah wilayah sebelah utara Pulau Kalimantan yang terdiri atas dua negara bagian yakni Serawak dan Sabah.Letak atronomis Pada Malaysia Timur berada pada posisi 1ºLU-7ºLU dan 100º40BT-119ºBT dan Malaysia Barat terletak  pada posisi 1ºLU-7ºLU dan 100ºBT-104º02BT.Malaysia Barat bagian tengah terdiri dari pegunungan rendah.Batuannya terdiri dari batuan granitdan batu kapur.Malaysia tidak memiliki gunung berapi.Sekitar 70% luas wilayahnya masih tertutuphutan termasuk hutan karet.Sedangkan pantai-pantainya berawa-rawa dan berlumpur.Sebagian besar wilayah Malaysia Timur merupakan pegunungan yang tertutup hutanlebat.Dataran rendahterdapat di sepanjang pantai bagian barat.
  Malaysia beriklim tropis.Curah hujan rata-rata 2.540 mm/tahun dengan suhu rata-rata27ºC.Musimhujan terjadi mulai bulan November hingga Maret.Musim kemarau terjadi mulai bulan juni hingga awal September
  Malaysia Juga negara berpenduduk terbanyak ke-43 dan negara dengan daratan terluas ke-66 di dunia, dengan jumlah penduduk kira-kira 27 juta jiwa, Jumlah penduduk sedemikian cukup sebanding dengan jumlah penduduk Arab Saudi dan Venezuela.  Iklim lokal adalah khatulistiwa dan dicirikan oleh angin muson barat daya (April hingga Oktober) dan timur laut (Oktober hingga Februari). Penduduk Malaysia terdiri dari: Bangsa Melayu(59%),Bangsa Cina (32%),dan Bangsa India (8%).Sisanya terdiri dari Suku Semang(asli Malaysia)dan Suku Dayak yang berada di Malaysia Timur.
  Malaysia mempunyai jalur pelayaran terpenting di dunia yaitu  Selat Malaka yang terletak di antara Sumatera dan Semenanjung Malaysia, sama pentingnya seperti Terusan Suez atau Terusan Panama Selat Melaka membentuk jalur pelayaran terusan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta menghubungkan tiga dari negara-negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia: India, Indonesia dan Republik Rakyat Cina. Sebanyak 50.000 kapal melintasi Selat Melaka setiap tahunnya, mengangkut antara seperlima dan seperempat perdagangan laut dunia. Sebanyak setengah dari minyak yang diangkut oleh kapal tanker melintasi selat ini, pada 2003, jumlah itu diperkirakan mencapai 11 juta barel minyak per hari, suatu jumlah yang dipastikan akan meningkat,mengingat besarnya permintaan dari Tiongkok. tetapi karena lebar Selat Melaka hanya 1,5 mil laut dari titik tersempit, yaitu Selat Phillips dekat Singapura, menyebabkan kawasan itu menjadi sebuah target pembajakan dan kemungkinan target terorisme.
  Puncak tertinggi di Malaysia (dan juga di Kalimantan) yaitu Gunung Kinabalu setinggi 4.095,2 meter di Sabah,Gunung ini merupakan gunung kelima tertinggi di Asia Tenggara. Gunung Kinabalu merupakan lambang kebesaran penduduk yang tinggal di Sabah. Penduduk Sabah menganggap Gunung Kinabalu dapat memberikan semangat juang dan persatuan mereka. Gunung Kinabalu banyak menyimpan cerita dan kisah-kisah misteri. Menurut kepercayaan masyarakat Kadazan Sabah, Gunung Kinabalu merupakan tempat bersemedinya jiwa mereka setelah meninggal dunia.
  Selain Puncak tertinggi di Sabah Malaysia juga mempunyai Bangunan tertinggi yaitu Menara PETRONAS. Menara PETRONAS adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia
  Tanjung Piai, terletak di selatan negar a bagian Johor, tanjung ini adalah tanjung  paling selatan benua Asia, Gedung-gedung pencakar langit di Singapura dapat terlihat dari tanjung ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar